Foto Wapres Disandingkan Aktor Film Panas, Wamenag: Yang Berbuat Harus Bertanggung Jawab

Foto Wapres Disandingkan Aktor Film Panas, Wamenag: Yang Berbuat Harus Bertanggung Jawab
Wamenag Zainut Tauhid. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi menyesalkan beredarnya foto kolase Wakil Presiden Ma'ruf Amin disandingkan dengan aktor "film panas" asal Jepang Shigeo Tokuda yang juga dikenal sebagai Kakek Sugiono di media sosial.

Dia mengingatkan pentingnya etika dalam bersosial media. 

“Kami belum tahu motif pelaku yang membuat dan mengunggah kolase foto tersebut di media sosial. Namun, apapun motifnya, itu adalah cermin dari pemanfaatan media digital yang tidak dilandasi akhlak dan etika,” kata Wamenag di Jakarta, Kamis (1/10). 

Dia berharap, masyarakat lebih bijak dalam mengisi sosial media agar tidak mudah termakan oleh hoaks.

Tidak jarang, informasi hoaks dapat memancing emosi dan amarah serta menumbuhkan kebencian. Hal tersebut pada akhirnya bisa mendorongnya melakukan tindakan yang tidak semestinya.

Zainut menduga pelaku termakan isu hoaks dari media sosial. Itu sebabnya dia mengajak masyarakat untuk membiasakan klarifikasi atau tabayyun setiap mendapat informasi, apalagi dari media sosial.

"Biasakan tabayyun agar kita terjaga dari emosi dan tumbuhnya kebencian kepada seseorang atas informasi yang belum tentu terbukti kebenarannya,” ujarnya..

Terkait sanksi atas perbuatan pelaku, Wamenag Zainut menyerahkan hal tersebut pada aparat.

Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi menyesalkan beredarnya foto kolase wapres Ma'aruf Amin disandingkan dengan bintang film panas asal Jepang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News