FPG Minta Koperasi Ikut Impor Kedelai

FPG Minta Koperasi Ikut Impor Kedelai
FPG Minta Koperasi Ikut Impor Kedelai
JAKARTA--Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR, Setya Novanto mengatakan kelangkaan kedelai sebagai bahan baku tahu-tempe disebabkan terganggunya pasokan kedelai untuk Indonesia dari Amerika Serikat (AS). Fakta tersebut menurut Setya Novanto, sekaligus bukti bahwa pemerintah tidak mampu mengelola tata niaga kedelai.

"Sejumlah kawasan sentra produksi kedelai di AS mengalami kekeringan hingga pasokan kedelai untuk Indonesia terganggu. Begitu pasokan terganggu, kedelai langka dan harganya melambung dan ini mengancam para pengrajin tahu tempe Indonesia," kata Setya Novanto, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Jumat (27/7).

Menurut Setya Novanto, besarnya dampak dari kurangnya pasokan kedelai ini konsekuensi dari ketergantungan Indonesia pada kedelai impor.

"Ketergantungan terhadap impor merupakan cermin dari ketidakberdayaan pemerintah menjaga ketahanan pangan nasional. Saya khawatir akan timbul gejolak sosial mengingat pangan merupakan persoalan fundamental," kata Setya Novanto.

JAKARTA--Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR, Setya Novanto mengatakan kelangkaan kedelai sebagai bahan baku tahu-tempe disebabkan terganggunya pasokan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News