FSGI: Sekolah-Sekolah di Zona Hijau Kerepotan Menyiapkan Infrastruktur

FSGI: Sekolah-Sekolah di Zona Hijau Kerepotan Menyiapkan Infrastruktur
Ilustrasi anak sekolah. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Satriwan Salim memprediksi akan banyak sekolah di zona hijau yang memilih melanjutkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pasalnya, banyak persyaratan yang harus mereka penuhi untuk membuka sekolah lagi.

"Kepala sekolah banyak yang kerepotan menyiapkan sarana prasarananya. Apalagi dalam masa yang sempit ini sulit menyiapkan semua kebutuhan pokok sekolah," kata Satriwan saat memaparkan hasil Survei Nasional FSGI tentang Kesiapan Sekolah Menghadapi Kenormalan Baru dalam Pembelajaran, Selasa (16/6).

Dia menyebutkan, berdasarkan survei yang dilakukan, kendala paling berat jika sekolah dibuka kembali adalah kesiapan infrastruktur sekolah yang mendukung kenormalan baru karena adanya protokol kesehatan.

Kemudian kesiapan anggaran, sosialisasi kepada orang tua dan siswa, koordinasi dengan semua pemangku kepentingan, aturan teknis di sekolah, waktu persiapan yang terbatas, kesiapan manajemen dan guru.

Komponen yang belum disiapkan sekolah menghadapi kenormalan baru di sekolah adalah belum sosialisasi kepada ortu dan siswa.

Belum adanya sarana prasarana/infrastruktur penunjang protokol kesehatan di sekolah di masa kenormalan baru.

Belum koordinasi dengan semua pemangku kepentingan. Belum adanya aturan teknis di sekolah. Belum adanya kesiapan anggaran sekolah.

"Persepsi sekolah terkait sumber anggaran untuk menyiapkan semua kebutuhan sarana prasarana sekolah yang disesuaikan dengan protokol kesehatan adalah bersumber dari Dana BOS 77,4 persen, anggaran khusus dari Pemerintah Pusat 46,3 persen, dan anggaran khusus dari pemda setempat 38,9 persen," tandasnya. (esy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Kendala paling berat bagi sekolah di zona hijau jika mau membuka pembelajaran tatap muka ialah kesiapan infrastruktur sesuai new normal.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News