Fundamental Perbankan Kuat

Fundamental Perbankan Kuat
Fundamental Perbankan Kuat
JAKARTA - Fundamental industri perbankan nasional saat ini masih sangat baik dan kuat dalam menghadapi dampak krisis Eropa. Sebab, eskposur perbankan Indonesia ke Eropa terbilang masih sangat kecil. Dilihat dari segi rasio permodalam dan kualitas aset tidak akan mengalami penurunan signifikan.

 

Muliaman Hadad, Deputi Gubernur Bank Indonesia mengemukakan, dari aspek jumlah pinjaman luar negeri perbankan Indonesia ke Eropa dan Amerika Serikat jumlahnya tidak terlalu besar yakni sekitar Rp 154 triliun. Sedangkan,  total aset perbankan nasional mencapai Rp 3.000 triliun. “Eksposur itu bentuknya macam-macam. Ada surat berharga, trade finance. Justru lebih besar ke Amerika, dibanding Eropa,” ujar Muliaman di Jakarta, Senin (25/6).

 

Di samping itu, dari stress test yang dilakukan bank sebtral belakangan ini, juga menunjukkan, jika terjadi guncangan akibat krisis di Eropa secara umum daya tahan perbankan nasional masih kuat menghadapinya.

 

Hanya, yang perlu diwaspadai adalah potensi penurunan CAR individual bank khususnya terkait pelemahan nilai asset obligasi negara dan kenaikan suku bunga rupiah.

JAKARTA - Fundamental industri perbankan nasional saat ini masih sangat baik dan kuat dalam menghadapi dampak krisis Eropa. Sebab, eskposur perbankan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News