Gaet Pekerja Informal, BPJS Ketenagakerjaan Blusukan ke Pasar Bandung

Gaet Pekerja Informal, BPJS Ketenagakerjaan Blusukan ke Pasar Bandung
Gaet Pekerja Informal, BPJS Ketenagakerjaan Blusukan ke Pasar Bandung

jpnn.com - BANDUNG - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi untuk menggaet pekerja informal. Salah satu bentuk sosialisasi yang dilakukan melalui program 'Grebek Pasar'.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bandung II, Mariansah menyatakan, pihaknya secara berkelanjutan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota/Kabupaten Bandung, khususnya masyarakat pekerja. Agar mereka merasakan manfaat dari program jaminan sosial tenaga kerja.                                          

Saat ini di wilayah kerja BPJS Bandung II, kata Mariansah, masih banyak pekerja informal yang belum masuk menjadi peserta.

"Itu karena masih minimnya pengetahuan mereka tentang jaminan sosial pekerja. Oleh karena itu, dengan program 'Grebek Pasar' ini pihaknya terus lakukan sosialisasi dan edukasi, agar pekerja informal menyadari tentang pentingnya jaminan sosial pekerja," serunya melalui keterangan tertulis, Senin (14/4).

Menurut dia, ada perbedaan ketika harus memberi sosialiasi kepada pekerja informal dengan pekerja formal. "Untuk pekerja informal butuh keuletan, kesabaran dan motivasi yang tinggi. Ini kami jadikan tantangan tersendiri," kata Mariansah.

Sosialiasi ini dilakukan dua minggu sekali ke pasar kaget atau saat acara car free day yang biasanya dilakukan sekitar pukul 5-10 pagi. Hal itu disesuaikan dengan kondisi aktivitas di pasar, saat ini baru dilakukan di tiga pasar. Yakni Soreang, Tegal Lega dan Buah Batu,

"Alhamdulillah respon mereka positif, dan sudah banyak yang menjadi peserta bahkan masyarakat sepertinya antusias akan informasi BPJS ketenagakerjaan," tukasnya. (chi/jpnn)


BANDUNG - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi untuk menggaet pekerja informal.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News