Gagasan Irjen Iqbal Layak Mendapatkan Tepuk Tangan

Gagasan Irjen Iqbal Layak Mendapatkan Tepuk Tangan
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal meluncurkan Lomba Kampanye Sehat di Mapolda NTB, Rabu (30/9). Dokumen pribadi.

jpnn.com, JAKARTA - Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) meluncurkan Lomba Kampanye Sehat Pilkada 2020 sebagai stimulus agar pasangan calon menghindari terjadinya klaster baru penularan COVID-19 di tengah pesta demokrasi.

Lomba ini bertujuan agar para paslon menuangkan ide dan kreativitasnya melalui kampanye. Lomba ini pun menuai apresiasi dari berbagai kalangan karena tergolong sebagai inovasi perdana secara nasional. 

Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, dengan lomba ini, para paslon dituntut menunjukkan kreativitasnya dalam berkampanye sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Lomba ini merupakan lanjutan dari Deklarasi Kampanye Sehat pada 17 September lalu, yang bertujuan meminta tanggung jawab para paslon agar taat hukum terkait protokol kesehatan Covid-19. 

’’Akan ada hadiah. Dan pemenang diumumkan seusai coblosan agar tidak ada nuansa politis dari lomba ini. Karena ini memang murni upaya kami bersama untuk mencegah terjadinya klaster baru,’’ kata Iqbal dalam keterangannya, Kamis (1/10).

Eks Kadiv Humas Mabes Polri itu menerangkan, dewan juri berasal dari unsur polisi, perwakilan masyarakat, KPU, Bawaslu, dan TNI.

"Penilaian nanti berdasarkan sejumlah parameter. Yang paling tinggi skornya tentu saja bentuk kampanye kreatif yang dilakukan,’’ ucapnya. 

Selain itu, parameter lainnya tentu saja terkait dengan protokol. Seperti ketersediaan Satgas dalam tim pemenangan, efektivitas kampanye kreatif, dan seberapa banyak upaya kampanye itu terhindar dari kerumunan massa.

Gagasan Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal terkait pelaksanaan kampenye Pilkada 2020 mendapat apreasi dari banyak kalangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News