Gagasan PSI Dinilai Bisa Membuat Legislatif Lebih Efisien

Gagasan PSI Dinilai Bisa Membuat Legislatif Lebih Efisien
Paripurna DPR. Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Gagasan PSI mengenai pemangkasan anggaran lembaga legislatif dan partai politik mendapat apresiasi dari publik. Gebrakan tersebut dinilai bisa membuat anggota legislatif lebih efektif dan efisien.

Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengatakan, perencanaan hingga implementasi penggunaan anggaran harus menggunakan pendekatan efisien. Termasuk dalam pendanaan partai.

"Makanya kami mendukung penguatan dana alokasi negara untuk parpol. Sehingga dengan demikian Parpol enggak lagi membebani kadernya yang ada di eksekutif dan legislatif sebagai sumber pendaan partai," katanya saat dihubungi, Minggu (28/10).

Untuk itu, Titi mengungkapkan, seharusnya partai partai lainnya turut mendukung langkah yang akan diambil PSI dalam membersihkan anggaran di DPR. Harapannya, uang rakyat dapat dimanfaatkan secara optimal demi kepentingan bersama.

"Kalau saya harusnya partai mendukung. Kan itu untuk kepentingan orang banyak. Di era teknologi dan keterbukaan informasi cara lebih efektif dan efisien mudah dilakukan. Harusnya yang bisa diefisiensi harus dilakukan," ungkapnya.

Dia mengingatkan, anggota legislatif dipilih guna menyampaikan permasalahan dan menemukan solusi bagi rakyat. "Mestinya orientasinya pelayanan publik dan parlemen bersih. Harusnya gagasan parlemen bersih anti korupsi harus kita dorong," tutupnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PSI Tsamara Amany bicara tentang 'dosa-dosa' partai yang sudah lama berdiri tapi masih menjadi 'kebiasaan'. Setidaknya ada dua 'dosa' partai lama yang disebutkan Tsamara.

Pertama, Tsamara menyinggung soal komitmen partai lama terhadap pemberantasan korupsi. Kedua, soal proses rekrutmen partai lama tak jauh dari kata 'mahar politik'.

Gagasan PSI mengenai pemangkasan anggaran lembaga legislatif dan partai politik mendapat apresiasi dari publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News