JPNN.com

Gaji Guru PNS di DKI Jakarta Rp 15 Juta, Honorer K2 Berapa?

Sabtu, 07 Desember 2019 – 08:16 WIB Gaji Guru PNS di DKI Jakarta Rp 15 Juta, Honorer K2 Berapa? - JPNN.com
Nur Baitih membandingkan gaji guru honorer K2 dengan guru PNS di Pemprov DKI Jakarta. Foto: Fathra N Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pantas saja guru honorer K2 DKI Jakarta merasa diperlakukan tidak adil oleh Pemprov yang dipimpin Gubernur Anies Baswedan itu.

Para guru honorer K2 mendapat tugas dan tanggung jawab yang besar, setara guru PNS. Sementara dari sistem penggajian, terjadi ketimpangan yang cukup besar.

Guru honorer hanya mendapatkan gaji tanpa tambahan tunjangan kinerja daerah. Rerata menerima gaji Rp 3,9 juta.

Tahun depan mereka akan menikmati gaji Rp 4,2 juta (sesuai UMP). Sedangkan guru PNS mendapatkan gaji dan tunjangan daerah sehingga mereka bisa mengantongi Rp 15 jutaan per bulan.

"Di DKI yang besar itu kan tunjangan kinerja daerahnya. Yang bikin kami heran, kenapa kinerja guru honorer K2 tidak dinilai. Kami tidak minta harus sama dengan PNS kok. Cuma kan paling tidak kami bisa merasakan tunjangan itu karena kami bekerja dan dibebani tugas setara PNS," tutur Nur Baitih, koordinator wilayah Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) DKI Jakarta kepada JPNN.com, Sabtu (7/12).

Dia menambahkan, selama ini ada ketentuan di Pemprov DKI Jakarta bahwa yang masih statusnya honorer tidak akan pernah mendapat uang kinerja atau insentif daerah. Hal inilah yang membuat guru honorer K2 iri dengan PNS.

Mestinya, kata Nur, gubernur memberikan insentif juga kepada guru honorer K2 karena sudah melakukan tugasnya setara PNS.

Bahkan, menurut Nur Baitih, PNS yang usianya mendekati masa pensiun, menjadi malas sehingga membebankan tugasnya kepada honorer.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...