Gak Kira-Kira! SD Negeri Jual Seragam Rp 9 Juta

Gak Kira-Kira! SD Negeri Jual Seragam Rp 9 Juta
Seragam baru SD Taimei rancangan rumah mode kenamaan Giorgio Armani yang dijual seharga Rp 9,95 juta. Foto: AFP

jpnn.com, TOKYO - SD Taimei di Distrik Ginza, Tokyo, Jepang, menuai hujan kritik. Pemicunya, pihak sekolah ingin siswa mengenakan seragam anyar saat memulai tahun pelajaran baru.

Tak main-main, seragam tersebut dirancang khusus oleh rumah mode Giorgio Armani. Keren memang, tapi harganya itu lho. Bikin sebagian wali murid pusing tujuh keliling.

Harga satu setel seragam mencapai USD 730 atau Rp 9,95 juta. Itu empat kali lipat dibandingkan harga seragam lama yang hanya USD 155 (Rp 2,1 juta) untuk putra dan USD 180 (Rp 2,4 juta) untuk putri.

Pihak sekolah beralasan, seragam diganti untuk merefleksikan lingkungan sekolah yang prestisius. Distrik Ginza terkenal sebagai pusat perbelanjaan. Area itu kerap disejajarkan dengan Champs-Elysees, Paris, Prancis, atau 5th Avenue di New York, AS.

”Saya begitu terkejut dan bertanya-tanya mengapa seragam semewah itu dipilih untuk sekolah negeri,” protes salah seorang wali murid seperti dilansir BBC kemarin, Jumat (9/2).

Komite Bujet Parlemen Jepang sampai ikut membahasnya dalam rapat Kamis (8/2). Menteri Keuangan Taro Aso pun satu suara dengan orang tua siswa.

”Sekolah harus membahasnya dengan wali murid sebelum membuat keputusan,” tegas Menteri Pendidikan Yoshimasa Hayashi kepada NHK. (sha/c10/pri)


SD Taimei di Distrik Ginza menuai kritik. Bagaimana tidak pihak sekolah negeri itu mewajibkan siswa memakai seragam baru yang dijual dengan harga Rp 9 juta


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News