Gala Desa Kemenpora Picu Lahirnya Liga Desa Nusantara 2017

Gala Desa Kemenpora Picu Lahirnya Liga Desa Nusantara 2017
Menpora Imam Nahrawi saat membuka Gala Desa. Foto: kemenpora

jpnn.com, KARAWANG - Kinerja kementerian di era Presiden Joko Widodo mampu menunjukkan sinergitas yang baik. Salah satu program yang lahir karena sinergitas dua kementerian tersebut adalah Liga Desa Nusantara yang sudah kick-off sejak Rabu (22/11) lalu.

Kompetisi sepak bola usia muda yang digulirkan oleh Kementerian Desa ini, merupakan hasil sinergitas dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Lapangan Desa Gintung Kerta, Karawang, Jawa Barat, menjadi lokasi kick-off perdana LDN 2017 yang dilakukan oleh Staf Khusus Menteri Desa PDTT Syaiful Huda.

Turut serta perwakilan dari Kemenpora, dari Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Sanusi serta Wakil Bupati Karawang Jimmy A. Zamakhsari.

"LDN ini adalah implementasi MoU antara Kemendesa dan Kemenpora untuk menggairahkan kegiatan olahraga di kalangan masyarakat desa," kata Syaiful Huda.

Untuk itulah kick-off LDN digelar di Karawang. Supaya bisa digandengkan dengan kegiatan multieven Gala Desa milik Kemenpora yang memang sedang bergulir di Karawang dan sejumlah kabupaten lain di Tanah Air.

LDN 2017 sendiri akan digelar di 12 kabupaten di Jawa Barat dan 4 kabupaten di Banten.

"Memang masih terbatas pesertanya karena tahun ini merupakan pilot project LDN," kata Etty Diana, Direktur Pelayanan Sosial Dasar Kemendesa yang menjadi penanggung jawab LDN 2017.

Kinerja kementerian di era Presiden Joko Widodo mampu menunjukkan sinergitas yang baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News