Gali Potensi Anak Berkebutuhan Khusus, Kemdikbud Gelar FIKSI SLB 2017

Gali Potensi Anak Berkebutuhan Khusus, Kemdikbud Gelar FIKSI SLB 2017
Anak berkebutuhan khusus mempunyai talenta-talenta terpendam. Foto: Humas Kemendikbud for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anak berkebutuhan khusus atau ABK sebenarnya mempunyai talenta-talenta terpendam. Ibarat mutiara yang terpendam dalam lumpur, perlu diambil, digosok supaya kelihatan eloknya. Itulah anak-anak berkebutuhan khusus.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jepara Suharno di sela-sela Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia SLB (FIKSI SLB) tahun 2017, di Jakarta.

"Setiap anak itu unik, sehingga perlu perlakuan berbeda untuk setiap ketunaan. Bagaimana caranya kita menggali potensi apa yang ada pada anak itu sendiri. Mungkin dari melukisnya, keterampilannya, seninya. Banyak sekali sebenarnya,” ujar Suharno, Minggu (30/7).

Suharno datang ke Jakarta untuk mewakili sekolah dan mendampingi siswanya mengikuti FIKSI SLB 2017. Ia mengatakan, penanganan ABK, perlu kolaborasi semua pihak, baik sekolah, rumah dan masyarakat.

Guru-guru juga perlu dilatih untuk lebih terampil dan berkompeten dalam memberikan ilmu serta pelajaran kepada siswa berkebutuhan khusus.

Ia menyebutkan, SLB Negeri Jepara sering kali mengikuti pelatihan pendidikan khusus untuk gurunya maupun siswanya.

Pelatihan tersebut didapat dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan dari pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

SLB Negeri Jepara adalah salah satu sekolah yang memiliki banyak prestasi. "Prestasi di SLB Negeri Jepara ini sudah cukup lumayan, di tingkat provinsi maupun tingkat nasional yaitu seni tari, seni lukis kemudian yang keterampilan dan olahraga juga sering mendapatkan juara," tutur Suharno.

Anak berkebutuhan khusus atau ABK sebenarnya mempunyai talenta-talenta terpendam. Ibarat mutiara yang terpendam dalam lumpur, perlu diambil, digosok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News