Gandeng BSSN, Peruri Luncurkan CSIRT untuk Memperkuat Keamanan Siber

Gandeng BSSN, Peruri Luncurkan CSIRT untuk Memperkuat Keamanan Siber
Armada Peruri-CSIRT adalah tim terpadu dari Divisi Teknologi Informasi dan Strategic Business Unit Digital dengan posko yang berada di ITOC. Foto: Dok Peruri

jpnn.com, JAKARTA - Peruri bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) telah meluncurkan Peruri-CSIRT (Computer Security Incident Response Team) pada akhir Juni 2023 di Hotel Sheraton Gandaria, Jakarta.

Peruri-CSIRT diresmikan oleh Direktur SDM, Teknologi dan Informasi Peruri, Gandung Anggoro Murdani bersama Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian BSSN, Slamet Aji Pamungkas.

Armada Peruri-CSIRT adalah tim terpadu dari Divisi Teknologi Informasi dan Strategic Business Unit Digital dengan posko yang berada di ITOC (IT Operation Center) Karawang dan Digital Command Center di Jakarta.

Direktur SDM, Teknologi dan Informasi Peruri, Gandung Anggoro Murdani menyatakan kerja sama itu dilakukan sebagai upaya antisipasi terhadap dampak perkembangan teknologi, keamanan siber (cyber security).

Hal itu merupakan salah satu unsur utama dan pondasi dalam menjaga keamanan dan keterhubungan seluruh sistem digital.

Selain itu, pembentukan Peruri-CSIRT merupakan tindak lanjut dari amanat Presiden Republik Indonesia dalam pidatonya pada pembukaan KTT G20 2022.

"Ada tiga hal yang menjadi fokus transformasi digital, pertama adalah kesetaraan akses digital, kedua adalah literasi digital dan yang ketiga adalah lingkungan digital yang aman," ujar Gandung dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (4/7).

Gandung menyadari bahwa setiap tahun ancaman keamanan pada dunia siber terus bertambah.

Armada Peruri-CSIRT adalah tim terpadu dari Divisi Teknologi Informasi dan Strategic Business Unit Digital dengan posko yang berada di ITOC

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News