Gandeng Kemenkeu One Jawa Timur, Bea Cukai Melepas Ekspor Rumput Laut ke China

Gandeng Kemenkeu One Jawa Timur, Bea Cukai Melepas Ekspor Rumput Laut ke China
Bea Cukai berkolaborasi dengan Kemenkeu One Jawa Timur untuk memberikan fasilitasi ekspor rumput laut ke China. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, GRESIK - Ekspor Indonesia pada Agustus 2022 mencatatkan nilai tertinggi sepanjang masa. Nilai ekspor Agustus 2022 tumbuh kuat 30,15 persen (year-on-year) dan 9,17 persen (month-to-month) sebesar USD 27,91 miliar. 

Kinerja positif ekspor tersebut pun terus diupayakan Bea Cukai melalui kolaborasi antarinstansi untuk menyukseskan pelaksanaan ekspor di berbagai daerah.

"Bea Cukai berkomitmen mengoptimalkan layanan dan fasilitasi ekspor. Komitmen tersebut kami manifestasikan melalui kolaborasi antarinstansi, termasuk berkolaborasi dengan unit-unit vertikal Kementerian Keuangan dalam lingkup Kemenkeu One," ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Timur I Padmoyo Tri Wikanto.

Dia menyebutkan pada 15 September 2022 pihaknya bersama Bea Cukai Gresik memfasilitasi ekspor rumput laut kering sejumlah 3 kontainer 40 feet milik CV Sawindo Subur Abadi ke Cina.

Di gudang penyimpanan Kecamatan Menganti, kegiatan tersebut dihadiri Tim Secondment Bea Cukai-Ditjen Pajak Jawa Timur, Kadiskoperindag Gresik, dan Kadis Perikanan.

"CV Sawindo Subur Abadi merupakan salah satu UMKM yang selama ini diasistensi oleh Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Gresik, hingga akhirnya pada 29 Maret 2022 telah berhasil melakukan ekspor perdana ke Cina dengan dilepas langsung oleh Bupati Gresik,’’ ucapnya.

Hingga saat ini, perusahaan melaksanakan tujuh kali ekspor rumput laut dengan jumlah devisa ekspor mencapai USD 38.127 hingga Agustus 2022.

Dia berharap perusahaan selanjutnya bisa mengekspor rumput laut kering sebagai produk.

Bea Cukai berkolaborasi dengan Kemenkeu One Jawa Timur untuk memberikan fasilitasi ekspor rumput laut ke China

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News