Gandeng Notaris, BTN Tingkatkan Kualitas Kredit

Gandeng Notaris, BTN Tingkatkan Kualitas Kredit
MoU antara Bank BTN dengan PP-INI terkait Penyediaan Jasa Layanan Perbankan dan Pembuatan Akta-Akta dalam kegiatan perbankan di Jakarta, Selasa (23/10). Foto dok humas

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menggandeng Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP-INI).

Kerja sama itu dilakukan untuk mengamankan dokumen kredit berupa akta tanah sesuai ketentuan yang berlaku.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, berbagai inovasi terus dilakukan perseroan untuk mendukung kesuksesan Program Satu Juta Rumah. Di antaranya, perseroan berupaya mengakselerasi kualitas penyaluran kredit dan pembiayaan terutama di sektor properti.

Sejalan dengan core business BTN di bidang pembiayaan perumahan tersebut, maka dipastikan sekitar 85 persen aset perseroan bergantung dari keamanan sertifikat yang prosesnya tidak lepas dari keberadaan PP-INI.

“Jadi kami melihat kerja sama ini sangat penting bagi BTN untuk menjamin rasa aman kepada masyarakat yang menikmati fasilitas KPR BTN dengan tersedianya dokumen akta tanah yang dijamin keabsahannya,” ujar Maryono di sela penandatanganan MoU antara BTN dengan PP-INI di Jakarta, Selasa (23/10).

Maryono menjelaskan saat ini debitur BTN berjumlah sekitar 4-7 juta orang. Para debitur tersebut ikut memberikan kontribusi dalam pengumpulan aset perseroan sebesar Rp 268 Triliun per Semester I 2018. Aset berupa pembiayaan kredit ini bergantung dari sertifikat tanah sebagai agunan.

Tentunya, lanjut Maryono, proses pengadaan sertifikat tersebut melibatkan notaris sebagai pejabat pembuat akta tanah. Sehingga, PP-INI menjadi mitra strategis yang diharapkan bisa membantu perseroan memproses sertifikat tepat waktu untuk diserahkan kepada debitur BTN.

“Kerja sama ini menjadi awal untuk kami bersama dengan PP-INI mencari solusi dalam pengamanan dokumen sertifikat sekaligus menyatukan pemahaman dalam proses bisnis perbankan terkait dengan akta tanah. Paling tidak, sejauh ini BTN sudah bekerjasama dengan sekitar 1.875 notaris di seluruh Indonesia,” kata Maryono.

PP-INI menjadi mitra strategis yang diharapkan bisa membantu perseroan memproses sertifikat tepat waktu untuk diserahkan kepada debitur BTN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News