Gandeng Pemda, Bea Cukai Intensifkan Pengunaan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau

Gandeng Pemda, Bea Cukai Intensifkan Pengunaan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau
Bea Cukai Malang mendapat kunjungan dari pemerintah daerah, yakni Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Pembangunan Pemerintah Kota Batu, pada Kamis (5/11). Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai berupaya optimalkan penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) dengan bersinergi bersama Pemda dan DPRD. Pada kesempatan ini, sinergi tersebut dilakukan di tiga tempat berbeda, yaitu Malang, Semarang, dan Kudus.

Bea Cukai Malang mendapat kunjungan dari pemerintah daerah, yakni Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Pembangunan Pemerintah Kota Batu, pada Kamis (5/11).

Kunjungan ini adalah langkah awal koordinasi penyelenggaraan kegiatan yan menggunakan DBH CHT.

"Kerja sama dengan menyinkronkan program yang akan dijalankan antara Pemkot Batu dan Bea Cukai Malang akan dapat memaksimalkan output, sehingga penggunaan DBH CHT secara nyata dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujar Santje Asbay Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, menyambut kedatangan pemda setempat.

Tidak berhenti di sini, dua bulan di penghujung tahun 2020 ini akan diselenggarakan sosialisasi ketentuan di bidang cukai di beberapa wilayah Kota Batu, serta terus dilakukan pengumpulan informasi tentang peredaran rokok ilegal dan secara bersama-sama melaksanakan operasi pasar bersama dalam pemberantasan peredaran rokok ilegal.

Sementara itu, Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Padmoyo Tri Wikanto, beserta jajarannya memaparkan kinerja DBHCHT dalam acara Rakor Rekonsiliasi Data Penerimaan Cukai Tembakau dan Sosialisasi di Bidang Cukai yang diselenggarakan oleh Sekretariat DBHCHT Provinsi Jawa Tengah.

Acara diselenggarakan secara langsung di Laras Asri resort, Salatiga dan terhubung secara daring di beberapa lokasi pada Selasa (03/11).

Dalam sambutannya, Tri menjelaskan bahwa kegiatan rekonsiliasi ini merupakan strategis, untuk melihat sejauh mana capaian kinerja pemanfaatan anggaran DBHCHT dan kontribusi daerah dalam penerimaan cukai.

Bea Cukai berupaya optimalkan penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) dengan bersinergi bersama Pemda dan DPRD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News