Gandeng Siber Kreasi, Kemenkominfo Ingin Peserta Didik Baru Cakap Digital

Gandeng Siber Kreasi, Kemenkominfo Ingin Peserta Didik Baru Cakap Digital
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siber Kreasi menggelar kegiatan Literasi Digital terhadap peserta didik baru. Foto: Kemenkominfo

jpnn.com, MAKASSAR - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siber Kreasi menggelar kegiatan Literasi Digital terhadap peserta didik baru melalui video virtual, Kamis (14/7).

Kegiatan yang menyasar peserta didik baru kelas X tingkat SMA Cabang Dinas Pendidikan Sulsel, wilayah I dan II itu diharapkan bisa meningkatkan kemampuan tentang system Smart.

Kegiatan itu juga menghadirkan sejumlah narasumber Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Setiawan Aswad, Ambasador Wakelet Indonesia Anshar Syukur, Ketua Satgas Pandu Nasional Digital JSDI (2021-2025), dan Japeldi dari Universitas Negeri Makassar Citra Rosalyn Anwar.

Setiawan Aswad mengatakan dalam Budaya Media Digital memiliki beberapa tantangan yang harus diperhatikan para generasi muda, di antaranya mengaburnya wawasan kebangsaan, menipisnya nilai kesopanan, dan kesantunan.

Dia menyebut belum lagi menghilangnya budaya Indonesia dan media digital menjadi panggung budaya asing.

“Para pelajar diharapkan mampu tetap mempertahankan budaya Indonesia di tengah gempuran perkembangan digital saat ini,” kata Setiawan.

Setiawan mengingatkan pentingnya menjadikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai landasan kecakapan dalam beraktivitas di ruang digital.

Setiawan menyebutkan ketika pemahaman nilai Pancasila, yaitu tidak mampu memahami batasan kebebasan berekspresi dengan perundungan siber, ujaran kebencian, pencemaran nama baik di ruang digital.

"Tidak membedakan keterbukaan informasi publik dan pelanggaran privasi di ruang digital," tuturnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siber Kreasi menggelar kegiatan Literasi Digital terhadap peserta didik baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News