Ganjar Bagikan Pengalaman Majukan Desa Wisata kepada Wali Kota Pariaman

Ganjar Bagikan Pengalaman Majukan Desa Wisata kepada Wali Kota Pariaman
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Wali Kota Pariaman dan sejumlah kepala desa hingga camat. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, KABUPATEN SEMARANG - Desa Lerep yang berada di Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang menjadi salah satu desa wisata unggulan di Jawa Tengah. Pada November 2022, Desa Lerep telah termasuk kategori Desa Wisata Maju.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi desa tersebut. Ganjar mendampingi Wali Kota Pariaman Genius Umar, yang sedang melakukan studi tiru kepala desa, lurah, dan camat se-Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Ganjar memperkenalkan Desa Wisata Lerep yang memiliki potensi wisata tinggi. Mulai dari wisata edukasi, wisata air, wisata kuliner, wisata budaya, wisata alam hingga wisata atraksi.

"Desa (Lerep) sudah teruji. Mulai dari daerah yang sangat kering, terus ada bantuan keuangan yang dipakai untuk membangung embung ada manfaat untuk pertanian, tetapi juga pariwisatanya bahkan beberapa kali menjadi juara," ujar Ganjar dalam siaran persnya, Jumat (14/7).

Ganjar menjelaskan perkembangan Desa Wisata Lerep tak lepas dari kolaborasi antara Pemprov Jawa Tengah, Pemkab Semarang serta peran aktif warganya dalam mengoptimalkan potensi di daerahnya.

Di Jawa Tengah, Ganjar mendorong pengembangan dan kemajuan desa wisata dengan membuat peraturan khusus. Antara lain melalui Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Desa Wisata.

Hal itu dipertegas Ganjar dengan membuat Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi Jawa Tengah Nomor 53 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda.

"Pak Genius ini ingin bertukar pikiran kita saling belajar. Ternyata satu, bagaimana desa punya potensi dan inisiatif untuk dikembangkan. Dua, bantuan keuangan ke desa dibuat bahkan khusus desa wisata kita buatkan perda dan pergub sehingga keuangannya masuk dan berkembang dengan cepat," kata Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membagikan pengalamannya dalam memajukan desa kepada kepala daerah Pariaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News