Ganjar Gencarkan Penghijauan untuk Cegah Banjir dan Pencemaran Lingkungan

Ganjar Gencarkan Penghijauan untuk Cegah Banjir dan Pencemaran Lingkungan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketika berada di Kabupaten Batang. Dok tim media Ganjar.

jpnn.com, BATANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan pengarahan kepada ratusan penyuluh dan kelompok tani hutan di Kembang Park, Desa Kembanglangit, Kabupaten Batang pada Rabu (24/5).

Pada kesempatan itu, Ganjar menyampaikan arahan dan bimbingan teknis untuk pembentukan Desa Peduli Dasar Aliran Sungai (DAS) Lestari bagi kelangsungan hidup lingkungan.

"Kolaborasi ini Desa DAS Lestari, penyuluhnya kami ajak, kelompok masyarakat kami ajak, sukarelawan kami ajak agar punya gerakan bagaimana hutan-hutan bisa direboisasi. Kami harapkan nanti aliran sungai akan lancar," ujar Ganjar dalam siaran persnya.

Ganjar menjelaskan Kabupaten Batang merupakan salah satu daerah yang memiliki ruang terbuka hijau (RTH) dan pariwisata alam cukup banyak. Namun, daerah itu berdampingan dengan banyaknya pabrik dan industri.

Hal itu, kata Ganjar, membuat pemerintah, masyarakat, pengusaha, dan seluruh stakeholder harus menguatkan sinergitas untuk menyeimbangkan kondisi tersebut.

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu pun mendorong penanaman dan perawatan pohon di kawasan pegunungan dengan tanaman keras, seperti pinus, mahoni, gandaria dan kayu putih guna mencegah banjir.

Selain itu, Ganjar juga memberi catatan kepada pabrik-pabrik yang memiliki pembuangan limbah untuk menjaga DAS dengan water treatment. Dengan tujuan agar sungai tidak tercemar.

"Aliran sungai ini nanti tidak hanya bicara tanamannya saja lho, ada mata air yang mesti dilindungi, pabrik-pabrik limbah juga kami edukasi jangan buang sembarangan sebelum menggunakan water treatment," jelas Ganjar.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menggencerkan penghijauan untuk mencegah banjir serta pencemaran lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News