Ganjar Mengaitkan Pendidikan & Kebudayaan dengan Potensi Negara, Idenya Luar Biasa

Ganjar Mengaitkan Pendidikan & Kebudayaan dengan Potensi Negara, Idenya Luar Biasa
Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo berbicara dalam Debat Kelima Capres Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pakar Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti memuji ide di bidang pendidikan dan kebudayaan yang dipaparkan Ganjar Pranowo dalam Debat Kelima Capres Pemilu 2024 pada Minggu (4/2/2024).

Pemerhati pendidikan itu menyebut ide Ganjar mengaitkan edukasi dan kebudayaan dengan potensi negara merupakan hal luar biasa.

“Paslon 03 (Ganjar Pranowo - Mahfud Md) ini luar biasa, ya. Mereka sudah mengaitkan dengan kondisi, yaitu negara. Nah sebenarnya antar-pendidikan bisa dikaitkan dengan kebudayaan dan upaya maritim,” ujar Retno.

Ganjar Mengaitkan Pendidikan & Kebudayaan dengan Potensi Negara, Idenya Luar Biasa
Pemerhati pendidikan Retno Listyarti. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) periode 2017-2022 itu mencontohkan pendidikan yang dikaitkan dengan potensi maritim.

“Misalnya, bagaimana potensi maritim kita itu dibangun juga lewat pendidikan, risetnya,” katanya.

Dalam debat terakhir antarcapres Pilpres 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ganjar memaparkan idenya untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan.

Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018 dan 2018-2023 itu menyatakan upaya memajukan pendidikan harus dilakukan dengan pemberian akses, fasilitas, dan kurikulum yang baik, serta memperhatikan nasib guru dan pendidik.

Pemerhati pendidikan Retno Listyarti menyebut ide Ganjar Pranowo mengaitkan edukasi dan kebudayaan dengan potensi negara merupakan hal luar biasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News