Ganjar Paparkan 7 Idenya di UGM, Pengamat: Gagasan yang Dibutuhkan Indonesia

Ganjar Paparkan 7 Idenya di UGM, Pengamat: Gagasan yang Dibutuhkan Indonesia
Bakal capres untuk Pilpres 2024 Ganjar Pranowo saat menjadi pembicara pada Mata Najwa on Stage di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa (19/9/2023) malam. Foto: Instagram/ganjar_pranowo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik yang juga peneliti senior Ipsos Public Affairs Arif Nurul Imam menilai Ganjar Pranowo sebagai bakal capres untuk Pilpres 2024 memiliki gagasan yang dibutuhkan Indonesia.

Arif menyebut Ganjar telah menyampaikan ide-idenya bagi Indonesia itu secara gamblang dalam diskusi bertitel '3 Bacapres Bicara Gagasan' yang dipandu presenter kondang Najwa Shihab di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, pada Selasa (19/9) malam.

"Gagasan yang disampaikan Ganjar itu tentu baik semuanya bagi bangsa ini. Gagasan yang dibutuhkan bangsa Indonesia," kata Arif di Jakarta, Rabu (20/9).

Arif mencatat bakal capres dari koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo, itu menyodorkan tujuh gagasan dalam diskusi di hadapan civitas academica tersebut.

Gagasan pertama Ganjar ialah membangun sumber daya manusia (SDM) produktif. Kedua, stabilisasi harga bahan pokok.

Ketiga, gagasan tentang mengatasi kemiskinan ekstrem menjadi nol. Keempat, memperkuat jaring pengaman nasional.

Selanjutnya, gagasannya yang kelima ialah hilirisasi menuju industri kelas dunia. Keenam, peningkatkan nilai tambah infrastruktur.

Adapun gagasan ketujuh yang ditawarkan Ganjar ialah mengembalikan alam Indonesia.

Peneliti senior Ipsos Public Affairs Arif Nurul Imam mengharapkan tujuh gagasan yang ditawarkan Ganjar Pranowo diikuti program nyata untuk mewujudkannya.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News