Ganjar Pengin Pesantren Cetak Santri yang Mampu Membawa Kemajuan Bangsa

Ganjar Pengin Pesantren Cetak Santri yang Mampu Membawa Kemajuan Bangsa
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat hadir di Ponpes Darussalam Sempon, Semarang. Dok tim media Ganjar.

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Darussalam Sempon di Desa Kadirejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Ganjar juga meresmikan sekolah tingkat menengah atas (SMA) Ponpes Darussalaam.

"Ada peresmian sekolah, kemudian dari pengasuh pondok pesantren ini sedang memperjuangkan agar akses pendidikan lebih banyak lagi, maka dibuatlah sekolah umum di sini, masih baru," ujar Ganjar dalam siaran persnya, Sabtu (12/11).

Ganjar mengatakan sekolah itu menerapkan green economy dengan mengedepankan penggunaan energi ramah lingkungan, salah satunya pemakaian panel tenaga surya sebagai pengganti listrik.

"Bahkan dipasang panel surya untuk mulai menggerakkan green economy dari tengah pedesaan, tentu ini bagian dari peran masyarakat soal pendidikan berbasis pondok pesantren, basisnya pondok pesantren," ujar Ganjar.

Mantan anggota DPR itu menyampaikan amanat yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) Pesantren Nomor 18 Tahun 2019 menjadi landasan mereka dalam memfasilitasi pendidikan di pesantren.

Kemudian pendampingan dan pemberdayaan para santri yang nantinya mampu melahirkan kalangan santri yang jauh lebih unggul dan kompetitif.

"Jadi, kami sangat apresiasi peran seperti ini, tinggal pelaksanaan Undang-Undang Pesantren, menyiapkan perda di tingkat kabupaten harus disegerakan," ucap Ganjar.

"Pendidikan jalannya, dakwahnya jalan, pemberdayaannya jalan, tentu ini sesuatu yang membantu menyiapkan SDM yang begitu penting untuk hari ini," sambung dia.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta pondok pesantren untuk mencetak santri yang mampu membawa kemajuan bagi bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News