Ganjar Peringatkan Bupati dan Wali Kota Segera Beri Bansos untuk Warga

Ganjar Peringatkan Bupati dan Wali Kota Segera Beri Bansos untuk Warga
Gubernur Ganjar Pranowo ditemui di kantornya. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pihak memastikan bantuan sosial untuk masyarakat tersalurkan.

Hal ini menyusul keputusan pemerintah memperpanjang PPKM Darurat hingga 25 Juli nanti.

"Karena keputusannya sudah diperpanjang, yang mesti dilakukan adalah bansosnya dikeluarkan. Tidak hanya yang bersumber dari APBN maupun APBD, bantuan sumber lain juga harus disalurkan," kata Ganjar ditemui di kantornya, Rabu (21/7).

Untuk itu Ganjar meminta seluruh bupati/wali kota segera mengeluarkan bantuan sosial untuk meringankan beban masyarakat. Sumber lain seperti CSR, Baznas dan lainnya harus dipastikan tersalurkan.

"Kita punya gerakan ASN jajan untuk membantu UKM. Ayo dilaksanakan. Pastikan bantuan dari pusat, dari provinsi maupun kabupaten/kota dikeluarkan hari ini. Karena keputusannya sudah jelas diperpanjang, maka bantuan keluarkan semuanya," tegasnya.

"Bantuan untuk sektor pertanian, nelayan, industri kecil menengah, jaminan sosial yang reguler sekarang dikeluarkan sehingga kalau masyarakat bisa bertahan sampai tanggal 25 dan mereka taat, betul-betul bantuannya diterima," tambahnya.

Disinggung terkait perpanjangan PPKM Darurat, Ganjar mengatakan, pelaksanaannya sudah berdasarkan petunjuk dari pusat. Sekarang namanya bukan PPKM Darurat, melainkan pakai leveling mulai 3-4.

"Dari Kemendagri sudah keluar levelnya, mana level 3 dan 4. Ketentuannya masih tak jauh berbeda, hanya mungkin sisi wakti yang kemarin buka hanya sampai jam 8 malam, sekarang bisa jam 9 malam. Sama ketentuan terkait pedagang kecil Presiden sudah bicara ada pelonggaran," jelasnya.

Gubernur Ganjar Pranowo Ganjar meminta seluruh bupati/wali kota segera mengeluarkan bantuan sosial untuk meringankan beban masyarakat saat PPKM Darurat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News