Ganjar Pranowo Beberkan Tantangan Berat pada Guru saat Ini

Ganjar Pranowo Beberkan Tantangan Berat pada Guru saat Ini
Gubernur Ganjar Pranowo di puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-76 PGRI. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-76 PGRI yang digelar di Balairung UPGRIS Semarang. Memakai seragam PGRI, Ganjar disambut begitu meriah.

Saat Ganjar datang, acara yang dihelat sudah hampir selesai. Ganjar langsung diminta oleh MC memberikan sambutan pada acara itu.

"Mohon maaf bapak-ibu, saya tadi harus mengikuti Rakor dengan Mendagri sehingga terlambat. Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk PGRI dan saya doakan panjenengan sehat semuanya," sapa Ganjar mengawali sambutan.

Ganjar mengatakan tantangan guru di Indonesia saat ini sangat berat. Pandemi memberikan pukulan keras pada semua sektor, termasuk sektor pendidikan.

"Maka saya berharap guru-guru tetap melakukan inovasi dan kreasi di tengah disrupsi di dunia pendidikan. Ada tantangan masa depan yang sangat luar biasa yang menghadang dunia pendidikan kita," ucapnya.

Guru, lanjut Ganjar, diminta melakukan lompatan-lompatan. Baik di sisi cara belajar mengajar, metode hingga metodologi pembelajaran. Hal itu penting untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain.

"Saya juga titip, anak-anak kita dibekali life skill agar mereka mampu menjawab tantangan zaman. Tidak kalah penting adalah membangun karakter anak-anak agar tidak mudah mem-bully temannya sendiri, tidak ngamukan dan selalu hormat pada guru dan orang tua," tegasnya.

Menurutnya, hanya dengan cara itulah generasi Indonesia akan menjadi generasi yang lengkap dan paripurna. Melalui cara itu, kata dia, memiliki pengetahuan yang bagus, karakter bagus dan nilai-nilai spiritual yang bagus.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberi sejumlah pesan khusus untuk para guru di acara PGRI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News