Ganjar Pranowo Beri Deadline untuk Kepala Daerah yang Belum Selesaikan Vaksinasi Covid-19

Ganjar Pranowo Beri Deadline untuk Kepala Daerah yang Belum Selesaikan Vaksinasi Covid-19
Gubernur Ganjar Pranowo di kantornya. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta ada peningkatan capaian vaksinasi covid-19 dalam tiga minggu terakhir tahun 2021 ini.

Dia meminta daerah yang capaian vaksinasi masih rendah segera menyusun strategi percepatan.

Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo usai memimpin rapat penanganan COVID-19 Kabupaten Kota se-Jateng secara virtual di Kantornya, Senin (13/12). Ganjar mengatakan, strategi percepatan segera dipetakan. Terutama untuk daerah dengan jumlah penduduk besar namun fasilitas kesehatannya terbatas.

“Sehingga kami nanti tahu apa yang bisa kami  bantu. Umpama tenaga (kesehatan), umpama vaksin, umpama peralatan dan seterusnya,” ucap Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar juga mengingatkan sejumlah daerah yang stok vaksinnya mendekati masa kedaluarsa agar segera diberikan pada warga sebelum tenggat waktu. Apalagi di beberapa daerah, jumlah vaksin covid-19 yang jelang kedaluarsa hanya sedikit.

“Kami tidak mau kecolongan seperti dulu, sehingga vaksinnya enggak kepakai. Namun ada beberapa yang mestinya selesai pada minggu ini, kecil-kecil menurut saya bisa diselesaikan dengan cepat disuntikkan hari ini juga akan selesai,” katanya.

Selain itu, lima bus vaksin yang dimiliki Pemprov Jateng juga terus bergerak. Terakhir, kata Ganjar, bus vaksinasi milik pemprov juga membantu percepatan di tiga kabupaten yang minggu lalu capaiannya belum 70 persen. Yakni Tegal, Pemalang dan Brebes.

Ganjar mengatakan beberapa strategi yang bisa digunakan oleh daerah untuk melakukan percepatan vaksin adalah dengan menggandeng banyak pihak. Misalnya TNI, Polri, atau relawan untuk menggelar sentra vaksinasi.

Gubernur Ganjar Pranowo meminta daerah yang capaian vaksinasi masih rendah segera menyusun strategi percepatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News