Ganjar Pranowo Ikut Tanam 283 Ribu Kopi Bersama Petani Milenial di Dieng

Ganjar Pranowo Ikut Tanam 283 Ribu Kopi Bersama Petani Milenial di Dieng
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo ikut menanam 283 ribu kopi di Kawasan Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jateng. Foto source for jpnn.com

jpnn.com, DIENG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo ikut menanam 283 ribu kopi di Kawasan Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jateng.

Pria 54 tahun ini menanam bersama 450 petani, petani milenial dan Kelompok Wanita Tani (KWT) setempat.

Ganjar mengatakan, penanaman dilakukan untuk memperkuat pariwisata di Dieng.

Selain itu, gerakan ini juga merupakan upaya untuk melakukan penghijauan di dataran tinggi tersebut.

"Ketika Dieng ini makin hari makin populer, dan banyak orang kreatif datang ke sini, kreatif pertama orang berwisata, banyak event. Terus kemudian banyak orang yang menjelajah," kata Ganjar, Kamis (15/12).

"Ini rasa-rasanya lingkungannya perlu kita jaga. Maka ini coba kami optimalkan beberapa lahan untuk menanam kopi," sambung dia.

Adapun, penanaman ratusan ribu kopi tersebut dilakukan di sejumlah tempat, yakni Batur, Kalibening, Pagetan, dan Pakuwaja. Di Batur, salah satu titiknya berada di lahan Warisan Cagar Budaya Candi Bima.

Ganjar berharap, kopi yang ditanam bersama-sama ini akan memberikan manfaat kepada masyarakat. Ganjar mengajak wisatawan untuk minum kopi lokal Dieng yang sedap dan beraroma.

Ganjar Pranowo berpesan kepada pengelola wisata setempat dan wisatawan untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News