Ganjar Pranowo: Rakyat Indonesia Selalu Punya Cara untuk Bersatu

Ganjar Pranowo: Rakyat Indonesia Selalu Punya Cara untuk Bersatu
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Gus Muwafiq. Dok tim media Ganjar.

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyebut rayat Indonesia selalu memiliki cara untuk bersatu.

Hal itu disampaikan Ganjar usai menghadiri pengajian peringatan Muharam 1444 H bertema spirit persatuan untuk membangun bangsa yang digelar di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Jumat (19/8).

"Dengan kekhasan Indonesia, rakyat kita itu punya cara untuk bersatu, tentu dengan kulturnya, dengan nilai-nilainya," kata Ganjar dalam siaran persnya.

Ganjar mencontohkan persatuan dapat dirasakan ketika rakyat berbondong-bondong datang ke pengajian. Dia menyebut saat pengajian semua orang berkumpul, senang, dan gembira. 

"Karena semua orang berkumpul. Ada tidak yang tawuran? Tidak. Ada orang senang, orang bergembira, mengaji di sana, dan semuanya senang. Lalu atribut ulamanya laku. Kopiahnya laku, serbannya laku, semua laku," tuturnya. 

Dalam contoh ini, Ganjar menyebut kekuatan civil society rakyat Indonesia dengan sendirinya sudah membentuk persatuan di masyarakat. Terlebih ada budaya saling menghormati di lingkungan sosial. 

"Di situlah kemudian orang bisa saling memahami dan mengerti untuk tidak menyakiti. Itu nilai persatuan menurut saya secara kultural bagus banget," tuturnya. 

K.H Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq menyebut masyarakat Jateng telah menunjukkan persatuan itu dari dulu. Menurut Gus Muwafiq, masyarakat Indonesia kerap berkumpul di Jateng untuk bersatu. 

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebut masyarakat Indonesia selalu memiliki cara untuk bersatu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News