Ganjar Pranowo Seruput Kopi Rempah & Telusuri Jejak Bung Karno di Ternate

Ganjar Pranowo Seruput Kopi Rempah & Telusuri Jejak Bung Karno di Ternate
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kesultanan Ternate. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi kafilah Seleksi Tilawatil Quran Jawa Tengah yang akan tampil di STQ Nasional ke XXVI, Maluku Utara.

Tak lupa Ganjar menyempatkan menelusuri jejak Persiden Soekarno di Ternate.

Bersama istrinya, Siti Atiqoh, Ganjar mendatangi Kedaton Ternate. Di sana, mereka bercengkerama dengan Pangeran Hidayat Mudaffar Sjah sambil menyeruput kopi rempah.

“Kebesaran Kesultanan Ternate masih sangat terasa hingga saat ini. Bagaimana sebuah kerajaan di masa lalu mampu menguasai 60 teritorial lebih,” kata Ganjar Pranowo dalam keterangan resminya.

Bahkan Ganjar dibuat takjub saat mengetahui pada keemasannya kekuasaan Kesultanan Ternate mencakup Papua sampai Filipina.

Terlebih, perjuangan Kasultanan Ternate bersama seluruh putra-putri bangsa, merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Pantas Bung Karno sangat hormat dengan Kesultanan Ternate. Tadi pangeran juga sempat bercerita Bung Karno beberapa kali singgah di Kedaton, dan bersahabat dengan Sultan Ternate waktu itu,” kata Ganjar.

Kerajaan-kerajaan seperti ini yang ada di seluruh tanah air, kata Ganjar, sudah semestinya bisa dioptimalkan untuk memperkuat kekayaan dan jatidiri bangsa. Entah sebagai museum maupun sebagai warisan kebudayaan.

Ganjar Pranowo menelusuri jejak Persiden Soekarno (Bung Karno) dan mendatangi Kedaton Ternate.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News