Ganjar Pranowo Terpesona pada Wisata Mangrove di Balikpapan

Ganjar Pranowo Terpesona pada Wisata Mangrove di Balikpapan
Gubernur Ganjar Pranowo mengunjungi hutan mangrove di Balikpapan. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, BALIKPAPAN - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sangat terkesan dengan kawasan wisata dan mangrove center Graha Indah yang berada di Kelurahan Candi Indah, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Dia melihat kawasan mangrove itu tidak hanya sebagai lokasi konservasi tetapi juga dapat meningkatkan perekonomian.

"Saya mengapresiasi. Begitu masuk tadi, wow, mangrovenya gede (besar). Saya sudah mendapatkan cerita sejak dulu bahwa ini bukan pekerjaan bulan lalu tetapi sudah 20 tahunan. Hasilnya luar biasa," kata Ganjar saat berada di Mangrove Center Graha Indah.

Ganjar menjelaskan kawasan mangrove seluas sekitar 150 hektare itu merupakan wilayah konservasi yang cukup besar.

Ketika pemerintah secara bertahap akan menerapkan pajak karbon, kawan-kawan di Kalimantan Timur sudah bergerak dengan menghasilkan wilayah serapan karbon.

"Kalau tidak salah tadi 40 ton per hektare per hari. Hasil ini harus ditulis dan dipublikasikan sehingga semua orang tahu," kata Ganjar yang juga Ketua Umum Kagama itu.

Menurut Ganjar, pengelolaan mangrove di Kelurahan Candi Indah itu bisa dijadikan contoh bagi daerah lain. Sebab tidak semua daerah dapat mengelola mangrove dengan baik seperti itu.

"Apakah bisa kemudian dijadikan modeling? Buat saya yang di Kaltim ini sudah jadi modeling. Belum ada yang melakukan sekonkret di Kaltim," kata Ganjar yang juga Ketua Umum Kagama.

Ganjar Pranowo melihat kawasan mangrove itu tidak hanya sebagai lokasi konservasi tetapi juga dapat meningkatkan perekonomian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News