JPNN.com

Ganjar Puji Aplikasi Schoology yang Bantu Siswa dan Guru

Rabu, 12 Agustus 2020 – 11:22 WIB
Ganjar Puji Aplikasi Schoology yang Bantu Siswa dan Guru - JPNN.com
Gubernur Ganjar Pranowo sidak ke SMAN 6 Semarang dalam rangka mengecek keberlangsungan sekolah menerapkan pembelajaran daring/online. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendorong para guru dan kepala sekolah lebih kreatif dan inovatif menyampaikan materi pelajaran kepada para siswa.

Hal ini perlu dilakukan agar proses belajar jarak jauh atau daring bisa berjalan efektif.

"Selain dukungan orang tua siswa yang mendampingi serta tersedianya sarana prasarana, kreativitas dan inovasi para guru juga dibutuhkan agar pelaksanaan pembelajaran daring berjalan efektif. Seperti penggunaan aplikasi Schoology yang digunakan para guru di SMAN 6 Semarang," ujar Ganjar di sela meninjau proses pembelajaran daring di SMAN 6 Semarang, Selasa (11/8).

Gubernur menilai, aplikasi mobile yang bisa diunduh dari semua perangkat gawai tersebut efektif dan efisien karena tidak berbayar alias gratis sehingga tidak semakin memberatkan para siswa yang sudah terbebani pembelian kuota selama pemberlakuan pembelajaran daring.

"Selama ini yang sering menjadi kendala dalam pembelajaran daring ada tiga yaitu sinyal, kuota, dan gawai. Kalau pakai aplikasi Zoom atau lainnya kan berbayar, tapi kalau menggunakan aplikasi Schoology ini kan lebih meringankan pengeluaran," katanya.

Ganjar juga meminta agar guru mata pelajaran olahraga semakin kreatif untuk mengajarkan para murid bagaimana menjaga kesehatan diri supaya terhindar dari COVID-19.

“Mulai dari olahraga, konsumsi makanan sehat, dan menjaga kebersihan. Kalau pagi suruh absen sambil olahraga gerakan ringan seperti lari atau push up. Kemudian aktivitas mereka direkam lalu kirim kepada gurunya. Langsung praktik, kalau teori itu gampang nanti saja diajarkan kalau sudah tidak pandemi," pintanya.

Tidak hanya memantau dan berdialog dengan para guru yang sedang melaksanakan pembelajaran daring dari sekolah, Gubernur Ganjar juga berkeliling ke ruangan laboratorium, perpustakaan, serta sudut-sudut halaman sekolah untuk mengecek kondisi sarana prasarana sekolah serta fasilitas dan panduan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di lingkungan sekolah.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia