Ganjar Sampaikan Dukacita Mendalam: Mudah-mudahan Korban Meninggal Husnulkhatimah

Ganjar Sampaikan Dukacita Mendalam: Mudah-mudahan Korban Meninggal Husnulkhatimah
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com - SEMARANG - Kerusuhan terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pascapertandingan Arema FC vs Persebaya.

Ratusan suporter dikabarkan meninggal dunia akibat kerusuhan tersebut. 

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyampaikan dukacita yang mendalam untuk semua korban kerusuhan, terutama yang meninggal dunia.

"Tentu sejumlah 127 orang kalau tidak salah di beritanya, itu jumlah yang sangat tidak sedikit. Mudah-mudahan korban yang meninggal itu husnulkhatimah," kata Ganjar di Semarang, Minggu (2/10), tentang tragedi seusai pertandingan sepak bola BRI Liga 1 antara Arema melawan Persebaya tersebut.

Ganjar mengatakan bahwa kerusuhan di Stadion Kanjuruhan yang mengakibatkan 127 orang meninggal harus menjadi momentum evaluasi besar-besaran terhadap dunia persepakbolaan Indonesia.  

"Ini harus menjadi evaluasi besar, baik pihak penyelenggara maupun para suporter tim sepak bola dan petugas keamanan," ungkapnya. 

Khusus terkait dengan suporter, Ganjar berharap ada sebuah pertemuan besar yang melibatkan seluruh kelompok suporter di Indonesia yang bertujuan untuk mencari solusi agar tindakan serupa tidak terulang kembali.

"Para suporter harus bisa menahan diri, saling menjaga. Kayaknya penting deh dibuat satu pertemuan, kongres antarsuporter agar mereka punya value bersama untuk kemudian mereka bisa saling menjaga. Sehingga setiap pertandingan ada code of conduct-nya, ada PAC yang bisa mengontrol teman-temannya sendiri, dan tidak boleh terulang lagi," ujarnya.

Ganjar menyampaikan dukacita mendalam untuk semua korban meninggal dunia dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang. Dia mendoakan semoga husnulkhatimah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News