Ganjar Usulkan Ulama KH Syaikhuna Badruzzaman Jadi Pahlawan Nasional

Ganjar Usulkan Ulama KH Syaikhuna Badruzzaman Jadi Pahlawan Nasional
Capres nomor urut tiga pada Pilpres 2024, Ganjar Pranowo ketika bersilaturahmi di Garut, Jawa Barat. Dok: tim media GP.

jpnn.com, GARUT - Capres nomor urut 3 pada Pemilu 2024 Ganjar Pranowo bakal mengusulkan dan memperjuangkan tokoh ulama besar sekaligus pejuang KH Syaikhuna Badruzzaman menjadi pahlawan nasional.

Hal itu disampaikan Ganjar saat sowan ke Pondok Pesantren Zawiyah Tarekat Al-Tijaniyah, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Senin (5/2/2024).

"Tadi disampaikan setelah saya membaca sejarah Kiai Badruzzaman sebagai pejuang, maka tadi disampaikan 'Pak Ganjar ini pernah diusulkan menjadi pahlawan tetapi belum lolos'," ujar Ganjar di Ponpes Zawiyah.

KH Syaikhuna Badruzzaman hidup dalam rentang waktu 1900 sampai 1972. Dia hidup dalam tiga zaman, yaitu zaman penjajahan Belanda, penjajahan Jepang dan masa Kemerdekaan Republik Indonesia.

Oleh karena itu sosok KH Badruzzaman mempunyai peran besar dalam melawan kedzaliman penjajah baik Belanda maupun Jepang melalui pasukan Hizbullah yang dibentuknya.

Dia turut berjuang merebut dan mempertahakan kemerdekaan Indonesia melalui taktik khalwat dan hijrah.

Ganjar pun mengungkapkan kekagumannya atas perjuangan KH Badruzzaman sebagai seorang ulama, sekaligus pejuang yang berjuang demi agama, bangsa dan negara Indonesia.

"Kami doakan kami siapkan, insyaallah bisa lolos. Kalau itu sudah berjalan, tidak terlalu sulit karena waktu saya jadi gubernur juga tidak terlalu sulit," kata Ganjar.

Ganjar Pranowo mengusulkan ulama KH Syaikhuna Badruzzaman agar bisa menjadi pahlawan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News