Ganjil Genap dan One Way saat Mudik Lebaran 2022, Ini Jadwal & Rutenya

Ganjil Genap dan One Way saat Mudik Lebaran 2022, Ini Jadwal & Rutenya
Polri menerapkan sistem ganjil genap dan one way untuk mengatur arus kendaraan mudik Lebaran 2022. Ilustari: Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan sistem ganjil genap akan diberlakukan demi kelancaran arus kendaraan masyarakat selama mudik Lebaran 2022.

Selain itu, juga akan diterapkan skema satu arah (one way) dan contra flow.

"Kami mengambil langkah intervensi, dibutuhkan manajemen kapasitas jalan paling sederhana akan menambah satu lajur di contra flow. Jika masih kurang, akan one way dari Jakarta menuju arah timur (Jawa Tengah),” kata Irjen Firman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Penerapan skema satu arah akan diberlakukan jika penerapan contra flow arus mudik 2022 tak berjalan efektif.

"Pada pelaksanaan mudik akan kita (korlantas) terapkan kebijakan one way dan ganjil genap secara bersamaan," ujar Firman.

Skema satu arah akan diberlakukan mulai Kamis, 28 April 2022 atau di hari terakhir masyarakat masuk kerja. Sebab, pemerintah telah menetapkan 29 Maret cuti bersama Lebaran 2022.

Skema satu arah akan diberlakukan selama tiga hari yaitu 28-30 April. Firman menghimbau masyarakat untuk melihat lagi plat kendaraan yang digunakan untuk mudik Lebaran 2022 sesuai dengan tanggal.

"Dari jumlah kendaraan yang diprediksi juga akan mudik, one way akan kita (Korlantas) lengkapi dengan ganjil genap. Ini harus kami lakukan lagi dan kami informasikan kepada masyarakat supaya masyarakat bisa menyiapkan diri sebelum berangkat kendaraan yang akan digunakan berpelat nomor apa dan kapan bisa digunakan," jelasnya.

Polri akan menerapkan sistem ganjil genap dan satu arah atau one way untuk arus kendaraan mudik Lebaran 2022. Berikut ini jadwal dan rutenya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News