Ganjil Genap di Tol tak Jamin Mudik jadi Lancar

Ganjil Genap di Tol tak Jamin Mudik jadi Lancar
Kemacetan di tol saat musim mudik lebaran. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR M Nizar Zahro mendukung munculnya wacana pemberlakuan sistem ganjil-genap di jalan tol saat mudik lebaran 2017.

Hanya saja, perlu didahului kajian secara mendalam agar tidak memunculkan masalah baru.

Ini dikatakan Nizar menanggapi pernyataan Dirjen Angkutan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto yang akan mengkaji wacana sistem ganjil - genap di jalan tol saat musim mudik lebaran 2017.

Pada prinsipnya, Komisi V DPR akan mendukung upaya untuk mengurai kemacetan saat lebaran, sehingga tidak terjadi lagi, insiden seperti mudik tahun lalu di Brebes Exit (Brexit).

"Kalau memang akan diberlakukan sistem ganjil genap, kami minta untuk dikaji terlebih dahulu. Libatkan seluruh stakeholder terkait," ujar Nizar saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (6/4).

Politikus dari dapil Jatim XI (Madura) ini menegaskan, selain perencanaan dan pelaksanaannya, sosialiaasi harus dilakukan jauh-jauh hari kepada masyarakat.

Jangan sampai ketika pelaksanaan sudah dilaksanakan, tapi masyarakat masih banyak yang belum mengetahui.

"Kalau yang terjadi seperti itu, bukan malah mengurai kemacetan. Tapi akan muncul masalah baru. Pelanggaran lalu lintas marak, dan bisa berujung penyelesaian di tempat. Ini nggak baik dan nggak boleh," tegas dia.

Anggota Komisi V DPR M Nizar Zahro mendukung munculnya wacana pemberlakuan sistem ganjil-genap di jalan tol saat mudik lebaran 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News