Gara-gara Ini Pendapatan Perkapita Banyuwangi Melonjak

Gara-gara Ini Pendapatan Perkapita Banyuwangi Melonjak
Gara-gara Ini Pendapatan Perkapita Banyuwangi Melonjak

jpnn.com - BANYUWANGI - Sejumlah program pengembangan pariwisata dan investasi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Pendapatan perkapita masyarakat Banyuwangi naik tajam 70 persen dari Rp 14,97 juta pada 2010 menjadi Rp 25,5 juta pada 2014. 

Adapun Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) naik tajam 71 persen dari Rp 23,56 triliun pada 2010 menjadi Rp 40,48 triliun pada 2014.

"Pendapatan per kapita Banyuwangi sudah melampaui sejumlah kabupaten lain di Jatim yang biasanya selalu di atas Banyuwangi," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Bappekab) Banyuwangi Agus Siswanto.

Agus mengatakan, pembangunan ekonomi di Banyuwangi yang memadukan antara pariwisata dan lanskap pertanian memacu banyak sektor ekonomi untuk tumbuh. Investasi juga menggeliat. 

Kata dia, peningkatan investasi juga mendorong kesejahteraan masyarakat. Saat ini sejumlah hotel dari grup besar juga sedang memproses pembangunan hotel. "Karena kami masih kekurangan kamar hotel, banyak investasi baru bidang perhotelan yang masuk," ujar Agus.

Di bidang pendidikan, Pemkab Banyuwangi telah mengucurkan dana beasiswa sebesar Rp 7,5 miliar untuk sekitar 500 mahasiswa kurang mampu tapi berprestasi. Dana itu digunakan untuk membantu kuliah para mahasiswa asli Banyuwangi yang menempuh kuliah di berbagai perguruan tinggi, baik di dalam kota maupun luar kota.

"Selain itu, tentu saja perbaikan kualitas dan infrastruktur pendidikan juga dilakukan," jelas Agus.

Di bidang infrastruktur, Agus merinci, sejak 2010 sampai 2014 telah ada regulasi yang mengatur pemberian hibah aspal kepada kelompok masyarakat. Pada 2010-2011, jumlah bantuan aspal mencapai 21.049 drum. 

BANYUWANGI - Sejumlah program pengembangan pariwisata dan investasi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News