Garut jadi Wilayah dengan Jalan Aspal Plastik Terpanjang 

Garut jadi Wilayah dengan Jalan Aspal Plastik Terpanjang 
Target 100 km jalan aspal plastik terpenuhi. Tonggak penting ini dirayakan di Kabupaten Garut, di mana Chandra Asri Group bekerja sama dengan Yayasan Bakti Barito dan Pemkab Garut yang berkontribusi pada pembangunan 50,2 km dari total 100 km jalan aspal plastik. Foto dok. Chandra Asri Group

jpnn.com, GARUT - PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) dengan bangga mengumumkan terlampauinya target 100 km jalan aspal plastik. 

Tonggak penting ini dirayakan di Kabupaten Garut, di mana Chandra Asri Group bekerja sama dengan Yayasan Bakti Barito dan Pemkab Garut yang berkontribusi pada pembangunan 50,2 km dari total 100 km jalan aspal plastik.

Aspal plastik sepanjang 50,2 km ini dijalankan sejak 2022 hingga 2023 dan berhasil mengelola hingga 431,5 ton sampah plastik dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA).   

Uji coba aspal plastik pertama berlangsung tahun 2018 di kawasan pabrik petrokimia milik Chandra Asri Group di Kota Cilegon, Banten.

 Lima tahun sejak komitmen dicetuskan, Kabupaten Garut menjadi titik tercapainya target sekaligus wilayah dengan gelaran terpanjang. 

"Melalui kolaborasi multi-pihak, program ini juga menjadi langkah kolektif untuk mendukung target pemerintah dalam mengurangi sampah hingga 30% dan mereduksi jumlah sampah di lautan hingga 70% pada 2025," tutur Direktur Legal, External Affairs & Circular Economy Chandra Asri Group Edi Rivai dalam keterangan resminya, Jumat (8/3).

Dia menjelaskan hingga akhir tahun 2023, Chandra Asri Group bersama mitra telah menggelar 120,8 km jalan dengan campuran sampah plastik, melampaui target awal yang semula dicanangkan sepanjang 100 km.

Akumulasi total capaian jalan ini menciptakan fungsi baru dan menambah nilai ekonomi bagi 1.086 ton sampah kantong kresek. 

Garut jadi wilayah dengan jalan aspal plastik terpanjang yang merupakan hasil kolaborasi Chandra Asri Group dengan Yayasan Bakti Barito dan Pemkab Garut 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News