Gayus Ingin Jadi Warga Guyana

Gayus Ingin Jadi Warga Guyana
Gayus Ingin Jadi Warga Guyana
JAKARTA---Gayus Tambunan memang punya seribu akal bulus. Pecatan PNS Dirjen Pajak itu sudah merencanakan pelarian ke Guyana, sebuah negara di kawasan Amerika Latin. Dua buah paspor yang dipesan Gayus bahkan sudah siap digunakan. "Your order is confirmed (pesanan Anda sudah siap," tulis John Grice Jerome, warga negara AS yang menjadi broker paspor Gayus pada Arie (tersangka) melalui email. Arie mendapatkan order untuk memesan paspor itu langsung dari Gayus.

Dalam email itu, John menyertakan gambar paspor Guyana atas nama Yosep Morris yang fotonya mirip Gayus tanpa kacamata. Masa berlakunya  23 Juli 2007 hingga 22 Juli 2012. Milana , istri Gayus juga dibuatkan paspor atas nama Ann Morris, dengan tanggal pengeluaran 18 Juli 2007.

Penyidik Cybercrime Bareskrim Polri yang terlibat dalam pengusutan kasus paspor Gayus berhasil membobol akun John dan menemukan dokumentasi email itu di folder sent (terkirim). "Ini hasil investigasi IT yang dilakukan Bareskrim," kata Kepala bagian Penerangan Umum Bareskrim Polri Kombes Boy Rafli Amar kemarin (18/01).

Penyidik belum menemukan wujud fisik paspor itu. Data yang diperoleh dari email itu akan dikonfrontir saat pemeriksaan Gayus dan Arie. "Kita belum bisa memastikan apakah ini sudah diserahterimakan atau belum," katanya.

JAKARTA---Gayus Tambunan memang punya seribu akal bulus. Pecatan PNS Dirjen Pajak itu sudah merencanakan pelarian ke Guyana, sebuah negara di kawasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News