Gelar RUPST, BTN Optimistis Capai Laba Hingga Rp3 triliun

Gelar RUPST, BTN Optimistis Capai Laba Hingga Rp3 triliun
RUPST Bank BTN. Foto dok BTN

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2019.

Dalam paparannya, BTN optimistis bisnis perseroan pada 2020 akan on track dengan capaian laba hingga Rp3 triliun.

Adapun RUPST membahas tujuh mata acara dan semuanya mendapat persetujuan dari para pemegang saham.

"Landasan kerja kami pada 2020 adalah menetapkan arah kebijakan perseroan yaitu fokus pada perbaikan kualitas bisnis,” kata Direktur Utama BTN Pahala Nugraha Mansury di Jakarta, Kamis (12/3).

Untuk memperbaiki kualitas bisnis, perseroan memasang  pondasi yang kuat khususnya dalam penerapan Pedoman Standard Akuntasi 71 (PSAK 71) dengan meningkatkan  Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN), sehingga Perseroan memiliki pencadangan yang lebih kuat dalam mengantisipasi potensi kerugian atas aset keuangan yang dimiliki.  

Alhasil, per Februari 2020, coverage ratio Bank BTN mencapai lebih dari 100 persen, lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya 43,42 persen.

“Adanya PSAK 71 juga akan mendorong perseroan untuk lebih prudent dalam pemberian kredit, sehingga kualitas kredit akan menjadi lebih baik,” kata Pahala.

Peningkatan CKPN menggerus laba 2019, sehingga dalam RUPST ditetapkan laba  bersih sebesar Rp 209 miliar yang dialokasikan untuk dividen sebesar  10 persen dari laba  bersih total atau senilai Rp 20,92 miliar. 

PT Bank Tabungan Negara (BTN) telah resmi menggelar RUPST dengan tujuh agenda. Perseroan juga menyampaikan target-target 2020 kepada pemegang saham.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News