Gemilang Perpusnas 2021, Syarif Bando: Peran Pemda Makin Kuat

Gemilang Perpusnas 2021, Syarif Bando: Peran Pemda Makin Kuat
Gemilang Perpustakaan Nasional 2021 yang digelar secara hybrid. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI memberikan apresiasi berupa penghargaan tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka.

Nugra Jasadharma Pustaloka adalah penghargaan kepada insan yang mendedikasikan upaya pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan serta upaya yang konsisten menumbuhkembangkan budaya kegemaran membaca dan literasi di Indonesia.

Penyerahan penghargaan dikemas dalam acara Gemilang Perpustakaan Nasional, yang tahun ini diselenggarakan bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada 14 September dan Bulan Gemar Membaca.

Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando menyatakan saat ini, peran pemerintah daerah terhadap pengembangan perpustakaan makin kuat. Hal ini sejalan dengan amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Kami yakin kontribusi Pemda dalam meningkatkan kemampuan literasi masyarakat Indonesia," kata Syarif Bando dalam Gemilang Perpustakaan Nasional 2021 yang digelar secara hybrid, Selasa (14/9).

Dia melanjutkan kondisi kegemaran membaca di Indonesia saat ini mengalami kendala keterbatasan bahan bacaan untuk masyarakat.

Berdasarkan hasil penelitian, rasio buku dengan jumlah penduduk masih 1:90. Artinya, satu buku ditunggu 90 penduduk. Padahal idealnya Indonesia memerlukan tiga buku baru tiap orang tiap tahunnya sesuai standar UNESCO.

Oleh karena itu, pengadaan koleksi bahan bacaan berbasis lokal konten terus digemakan agar setiap masyarakat di daerah wajib mengetahui asal usul kebudayaan dan kearifan lokalnya.

Dalam gemilang perpusnas 2021, Kepala Perpusnas RI menyampaikan peran Pemda dalam memajukan perpustakaan makin kuat.