Gempa Berkekuatan 5,3 M Getarkan Wilayah Pesisir Selatan Sumbar

Gempa Berkekuatan 5,3 M Getarkan Wilayah Pesisir Selatan Sumbar
Peta pusat gempa di laut dengan kedalaman 21 kilometer berjarak 83 kilometer barat daya Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rabu (20/3/2024). (ANTARA/HO-BMKG)

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa dengan magnitudo 5,3 di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

Bencana alam itu terjadi pada Rabu (20/3) sekitar pukul 15.54 WIB.

Pusat gempa tersebut terletak di laut dengan kedalaman 21 kilometer yang berjarak 83 kilometer barat daya Pesisir Selatan.

Dalam peringatan dini yang diekspose melalui sistem aplikasi infoBMKG di Jakarta, Rabu, warga Pesisir Selatan merasakan getaran gempa selama beberapa saat dengan skala II-III MMI.

Demikian juga warga di Kota Padang, dan Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

BMKG belum melaporkan secara rinci terkait dengan pemicu dan dampak yang ditimbulkan gempa itu terhadap masyarakat.

Untuk itu, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sampai dengan hasil analisis peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisis tersebut bisa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring InfoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (antara/jpnn)


BMKG melaporkan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,3 magnitudo di wilayah pesisir selatan Sumbar.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News