Gempa Berkekuatan 5,4 Magnitudo Mengguncang Seram, Berpotensi Tsunami?

Gempa Berkekuatan 5,4 Magnitudo Mengguncang Seram, Berpotensi Tsunami?
Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) diguncang gempa bumi berkekuatan 5,4 magnitudo sekitar pukul 12.43 WIB. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, AMBON - Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) diguncang gempa bumi berkekuatan 5,4 magnitudo sekitar pukul 12.43 WIB.

BMKG menyebutkan gempa bumi memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2 dan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,92° LS : 128,36° BT.

"Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 86 Km arah Selatan Huamual, Seram Bagian Barat, Maluku pada kedalaman 349 km," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno di Ambon, Selasa (10/5).

Bambang menjelaskan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa bumi yang terjadi merupakan jenis guncangan dalam akibat aktivitas subduksi Banda.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser.

Berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa bumi itu menimbulkan guncangan di daerah Damer dan Amahai dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah), terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Di Huamual dengan skala intensitas II - III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah atau terasa getaran seakan akan truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," tutur Bambang.

Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) diguncang gempa bumi berkekuatan 5,4 magnitudo sekitar pukul 12.43 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News