Gempa Berkekuatan M 7,4 di Tanah Bumbu Kalsel Terasa Sampai Bali dan Lombok

Gempa Berkekuatan M 7,4 di Tanah Bumbu Kalsel Terasa Sampai Bali dan Lombok
BMKG melaporkan gempa berkekuatan M 7,4 di Tanah Bumbu Kalsel yang terjadi pada Selasa (29/8) dini hari terasa sampai di sejumlah wilayah di Bali dan Lombok. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Selasa (29/8) dini hari tadi.

Namun, getaran gempa itu terasa sampai di sejumlah wilayah di Bali, seperti Kuta, Gianyar, Denpasar, Kuta Selatan, dan Tabanan.

Selain itu, BMKG melaporkan getaran juga dirasakan masyarakat Waingapu (NTT), Lombok (NTB), dan sejumlah wilayah lainnya di Pulau Jawa, seperti Karangkates, Trenggalek, Bantul, dan Blitar.

"Pusat gempa berada di laut 180 kilometer tenggara Tanah Bumbu," kata Plh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Iman Fatchurochman dalam keterangannya di Jakarta.

Gempa yang terjadi pukul 02.55 WIB atau pukul 03.55 WITA itu terletak di kedalaman 10 kilometer pada koordinat 4,38 LS-116,90 BT.

Fatchurohman mengatakan gempa bumi dirasakan di Tanah Bumbu dengan skala intensitas MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Gempa bumi adalah bencana yang sering terjadi di Indonesia, sebab sebagian besar berada di daerah rawan bencana berada di kawasan Cincin Api Pasifik.

Jalur rangkaian gunung berapi aktif di sepanjang Samudra Pasifik menyebabkan wilayah yang berada di jalur tersebut sering mengalami gempa bumi. (antara/jpnn)

BMKG melaporkan gempa berkekuatan M 7,4 di Tanah Bumbu Kalsel yang terjadi pada Selasa (29/8) dini hari terasa sampai di sejumlah wilayah di Bali dan Lombok


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News