Gempa Bumi Berkekuatan 5,8 Magnitudo di Mamuju Terasa Hingga Kaltim

Gempa Bumi Berkekuatan 5,8 Magnitudo di Mamuju Terasa Hingga Kaltim
Seismograf mencatat getaran gempa bumi. Ilustrasi. Foto: Dok. ANTARA

jpnn.com, SAMARINDA - Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,8 magnitudo yang mengguncang wilayah Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) berdampak hingga ke Kota Balikpapan dan Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Rabu (8/6/2022) siang sekitar Pukul 12.32 WIB. 

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Balikpapan Rasmid membenarkan dampak guncangan gempa bumi di Mamuju cukup terasa di dua daerah di Kaltim.

Menurut dia, guncangan tersebut cukup terasa bagi orang-orang yang sedang berada di gedung-gedung. 

"Iya, benar. (Guncangan) dirasakan di Balikpapan dan Samarinda. Dari laporan yang diterima BMKG Balikpapan, getaran cukup terasa bagi yang sedang di gedung-gedung," ucap Rasmid saat dihubungi JPNN.com.

Dampak gempa itu cukup terasa di Gedung BRI dan Gedung Biru yang berada di KM 3 Balikpapan. Hal yang juga dirasakan bagi karyawan di beberapa hotel di Kota Samarinda.

"Demikian informasi yang kami terima," ujar Rasmid.

Rasmid menuturkan, sejauh ini belum ada laporan warga perihal kerusakan bangunan akibat dampak gempa. "Sejauh ini tidak ada kerusakan, hanya getaran saja," ungkapnya.

Slamet, salah seorang warga Samarinda mengaku merasakan dampak gempa bumi saat dirinya sedang berada di salah satu hotel yang terletak di Jalan Mulawarman, Kecamatan Samarinda Ulu.

Gempa berkekuatan 5,8 magnitudo mengguncang Mamuju, Sulbar berimbas hingga ke dua kota di Kalimantan Timur (Kaltim).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News