Gempa Chili, Malang Selatan Waspada Tsunami

Gempa Chili, Malang Selatan Waspada Tsunami
Malang Selatan, Jawa Timur waspadai tsunami imbas dari gempa bumi di Chili. Foto: Malang Post/JPNN.com

jpnn.com - MALANG – Gempa di Chili sebesar 8,2 SR, berdampak ancaman gelombang tsunami di Indonesia. Berdasarkan data yang dirilis BMKG di situs resminya, tsunami diperkirakan akan mengancam sejumlah pantai, termasuk di Malang.

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi. Kepada Malang Post  (JPNN Group) menjelaskan, informasi mengenai status waspada tsunami diterima BPBD sekitar pukul 17.00 WIB.  

‘’Iya, memang ada peringatan (tsunami) itu. Makanya, langsung saya informasikan kepada perangkat desa dan Muspika di wilayah Malang Selatan,’’ katanya.

Selain menginformasikan kepada perangkat desa dan muspika di wilayah Malang Selatan, BPBD juga telah menyiagakan relawan di sejumlah titik pantai untuk membaca tanda-tanda alam sebagai bentuk antisipasi terhadap bencana.

‘’Ada beberapa relawan yang memiliki pengetahuan membaca tanda-tanda alam. Mereka diterjunkan ke  sejumlah pantai untuk bersiaga sebagai bentuk antisipasi awal,’’ tuturnya.

Disinggung mengenai relawan yang diturunkan, Hafi menjelaskan, mereka berada di enam titik pantai yang berpeluang terancam tsunami. Keenam titik itu, diantaranya wilayah Pantai Tamban, Pantai Sendangbiru-Sumawe, Pantai Ngliyep-Donomulyo, Pantai Licin-Ampelgading, Goa China-Sumawe dan Bale Kambang-Bantur.

‘’Jadi keenam nanti menyebar. Tapi mudah-mudahan, ancaman tsunami itu tidak terjadi,’’ ungkap Hafi.

Terkait tsunami, pihaknya juga meminta kepada kepala desa atau muspika, bisa memberikan pemahaman secara benar. Jangan sampai terjadi salah paham karena menyangkut mata pencaharian warga setempat.

MALANG – Gempa di Chili sebesar 8,2 SR, berdampak ancaman gelombang tsunami di Indonesia. Berdasarkan data yang dirilis BMKG di situs resminya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News