Gempa Guncang Kabupaten Bandung, Begini Analisis BMKG

Gempa Guncang Kabupaten Bandung, Begini Analisis BMKG
Ilustrasi gempa. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gempa bermagnitudo 2,8 dengan kedalaman 4 km mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Rabu (19/5) malam.

Gempa yang terjadi pada pukul 22.31 WIB pada kedalaman empat kilometer itu dilaporkan dirasakan pada skala II-III MMI di Kabupaten Bandung.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kamis (20/5) dini hari, menyebutkan bahwa gempa tersebut berpusat di darat sekitar 21 kilometer arah Barat Laut Kabupaten Bandung pada koordinat 7,13 Lintang Selatan dan 107,43 Bujur Timur.

Dengan skala tersebut, menurut BMKG, getaran dirasakan nyata dalam rumah, di mana getaran itu terasa seakan-akan ada truk berlalu.

Hingga saat ini belum diketahui kondisi di Kabupaten Bandung serta belum ada laporan tentang dampak gempa tersebut terhadap keselamatan jiwa.

Gempa bumi kerap terjadi di Indonesia karena negara kepulauan terbesar di dunia ini terletak di jalur Cincin Api Pasifik.

Dalam sejarah mitigasi bencana di Indonesia, Aceh tercatat sebagai daerah yang pernah dilanda gempa dahsyat dengan magnitudo 9,0 pada 26 Desember 2004.

Gempa 2004 yang berpusat di Samudera Hindia pada kedalaman sekitar 10 km dan terjadi sekitar 149 kilometer sebelah barat Meulaboh itu diikuti dengan gelombang tsunami setinggi sekitar 20 meter.

BMKG menyebutkan bahwa gempa berpusat di darat sekitar 21 kilometer arah Barat Laut Kabupaten Bandung pada koordinat 7,13 Lintang Selatan dan 107,43 Bujur Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News