JPNN.com

Gempa Guncang Mentawai, Rasanya Seperti Truk Lewat

Sabtu, 23 Mei 2020 – 08:54 WIB Gempa Guncang Mentawai, Rasanya Seperti Truk Lewat - JPNN.com
Alat deteksi gempa. Foto: ANTARA/HO BMKG

jpnn.com, MENTAWAI - Gempa berkekuatan 5,3 skala Richter (SR) menggetarkan Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, pada pukul 05:36:56 WIB, Sabtu (23/5).

Guncangan berpusat di wilayah Tuapejat, ibu kabupaten Mentawai.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menyebutkan, analisis BMKG menunjukkan gempa bumi tersebut memiliki parameter update magnitudo 5.

Episenter gempa terletak pada koordinat 2.39 LS dan 99.58 BT, atau tepatnya berlokasi di laut berjarak 40 km arah Baratdaya Tuapejat, pada kedalaman 28 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kata Rahmat, gempa berkedalaman dangkal ini terjadi akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia di bawah Lempeng Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme naik (thrust fault),” kata mantan Koordinator BMKG Sumbar ini seperti dikutip dari Padang Ekspres.

Guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan di daerah Tuapejat III MMI atau dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami,” tambahnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek