Gempa Magnitudo 5,0 Goyang Gunung Kidul DIY

Gempa Magnitudo 5,0 Goyang Gunung Kidul DIY
Ilustrasi gempa bumi. Foto : Pixabay

jpnn.com, GUNUNG KIDUL - Gempa bumi tektonik bermagnitudo 5,0 mengguncang Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Senin dengan pusat gempa berada di laut dengan jarak 130 kilometer barat daya Wonosari.

Kepala Stasiun Geofisika Yogyakarta Agus Riyanto melalui keterangan resminya di Yogyakarta, Senin, mengatakan gempa bumi yang terjadi pada pukul 10.47 WIB itu dari kedalaman 40 kilometer di dalam laut dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,05 LS dan 110,14 BT.

"Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi," kata dia.

Agus menjelaskan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi yang dirasakan hingga Bantul, Berbah Sleman, Wonosari, Wates II MMI itu memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Selain itu, kata Agus, berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami.

Dia menambahkan berdasarkan hasil monitoring BMKG pada Senin, hingga pukul 11.15 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," kata dia. (antara/jpnn)

Berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi Gunung Kidul itu tidak berpotensi tsunami.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News