Gempa Probolinggo, BPBD: Belum Ada Laporan Kerusakan

Gempa Probolinggo, BPBD: Belum Ada Laporan Kerusakan
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, PROBOLINGGO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Probolinggo menyatakan belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi bermagnitudo 4,1 yang berpusat di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu petang.

Berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa dengan lokasi 7,81 LS dan 113,59 BT atau berpusat di 14 kilometer timur laut Kabupaten Probolinggo dengan kedalaman 6 km terjadi pada pukul 17.45 WIB.

"Hingga saat ini masih dalam assessment dan masyarakat hanya merasakan getaran hingga skala II MMI," kata Supervisor Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana BPBD Probolinggo Aries Setyawan saat dihubungi, Rabu malam.

Dia menjelaskan gempa bumi tersebut dirasakan warga di Kabupaten Probolinggo wilayah Timur seperti Kecamatan Paiton, Kotaanyar, Pakuniran dan sekitarnya.

"Kami masih berkoordinasi dengan aparat yang berada di sekitar episentrum gempa bumi untuk mengetahui apakah ada dampak akibat gempa bumi tersebut," tuturnya.

"Kami berharap mudah-mudahan tidak ada dampak kerusakan akibat gempa," katanya.

Salah seorang warga di Kecamatan Paiton, Muhammad mengatakan guncangan gempa terasa di rumahnya, sehingga bersama istri dan anak-anaknya keluar rumah.

"Setelah kami rasakan tidak ada guncangan gempa, maka kami kembali masuk ke rumah dan berharap tidak ada gempa susulan," ujarnya.

Gempa Probolinggo magnitudo 4,1 juga dirasakan warga di beberapa desa di Kabupaten Situbondo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News