Gempa Terkini, Getaran 5,1 Magnitudo Melanda Laut Banda, Berpotensi Tsunami?

Gempa Terkini, Getaran 5,1 Magnitudo Melanda Laut Banda, Berpotensi Tsunami?
BMKG menyampaikan laporan gempa terkini, Jumat (13/1) yang terjadi di Laut Banda, Maluku. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan laporan gempa terkini, Jumat (13/1).

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan gempa bumi magnitudo 5,1 terjadi di wilayah Laut Banda, Maluku akibat adanya aktivitas subduksi.

Daryono mengatakan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,22 derajat Lintang Selatan, 130,59 derajat Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 kilometer arah barat laut Wer Maktian, Maluku Tenggara Barat, Maluku, pada kedalaman 116 kilometer.

"Memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda," katanya.

Daryono menambahkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar-turun (oblique-normal).

"Gempa bumi yang terjadi pada Jumat,13 Januari 2023, pukul 19.44 WIB itu memiliki parameter update dengan magnitudo 4,85," katanya.

BMKG menyebutkan gempa bumi berdampak dan dirasakan di daerah Molomaru dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan laporan gempa terkini, Jumat (13/1) yang terjadi di Laut Banda, Maluku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News