Gempa Terkini Mengguncang Aceh Singkil, Warga Panik, Berpotensi Tsunami?

Gempa Terkini Mengguncang Aceh Singkil, Warga Panik, Berpotensi Tsunami?
Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D. menyampaikan gempa terkini terjadi di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Ilustrasi oleh Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D. menyampaikan gempa terkini terjadi di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Senin (16/1).

Adapun gempa bumi itu bermagnitudo (M) 6,2 yang terjadi sekitar pukul 05:30 WIB.

"Pusat gempa berada pada 47 kilometer Tenggara Kabupaten Aceh Singkil," ungkap Abdul Muhari, dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Abdul Muhari mengatakan gempa dirasakan 3-10 detik di empat kabupaten yakni Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Nias Utara, dan Kabupaten Aceh Selatan.

"Warga sekitar panik," katanya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil melaporkan segera menerjunkan tim reaksi cepat ke wilayah yang merasakan guncangan. Tim BPBD menelusuri wilayah lokasi guncangan untuk pengecekan potensi dampak kerusakan.

Menurut Abdul Muhari, aktivitas warga tetap normal pascakejadian ini. Hingga kini, dilaporkan tidak ada dampak korban jiwa.

"BMKG merilis parameter gempa M6,2 berpusat di laut dengan kedalaman 23 kilometer. Berdasarkan pemodelannya, gempa ini tidak memicu terjadinya tsunami," bebernya.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D. menyampaikan gempa terkini terjadi di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News