Genjot Ekspor Mamin, Ikuti Pameran di Bangkok

Genjot Ekspor Mamin, Ikuti Pameran di Bangkok
Genjot Ekspor Mamin, Ikuti Pameran di Bangkok

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) berpartisipasi pada acara THAIFEX-World of Food Asia 2014, 21-25 Mei 2014 di IMPACT, Bangkok, Thailand.

Keikutsertaan ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan ekspor produk makanan dan minuman (mamin) olahan menyongsong diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

“Produk makanan olahan sebagai salah satu produk prospektif Indonesia penting untuk terus dikembangkan. Sebagai salah satu pameran khusus makanan dan minuman terbesar di ASEAN, THAIFEX menjadi target promosi yang tepat bagi Indonesia demi meningkatkan ekspor, khususnya di kawasan ini," ungkap Dirjen PEN, Nus Nuzulia Ishak dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/5).

Tahun ini, lanjut Nus, upaya promosi produk makanan dan minuman olahan Indonesia gencar dilakukan demi meningkatkan ekspor secara global dengan target sebesar USD 5,01 miliar.

Pada tahun 2013 kata dia, perdagangan Indonesia-Thailand didominasi impor senilai USD 10,7 miliar, sementara ekspor hanya senilai USD 6,06 miliar.

"Meski begitu, total perdagangan Indonesia-Thailand cenderung fluktuatif dengan tren positif sebesar 19,6 persen selama lima tahun terakhir. Dengan target ekspor makanan olahan sebesar USD 183,2 juta atau tumbuh 4,21 persen, diharapkan defisit perdagangan kita dengan Thailand dapat berkurang pada 2014,” kata Nus.

Pada pameran THAIFEX-World of Food Asia 2014, Paviliun Indonesia dibangun di area seluas 2.126 m dengan desain spesial bertemakan 'Trade with Remarkable Indonesia'. Dalam pameran tersebut kata Nus, keanekaragaman cita rasa makanan dan minuman Indonesia akan diperkenalkan di sana.

Setidaknya, pihaknya telah memfasilitasi 16 perusahaan binaan yang memproduksi berbagai jenis produk makanan dan minuman, seperti agar-agar, oral film strip, bumbu masak instan, kopi, minuman herbal dalam kemasan dan sebagainya. Selain ditampilkan di Paviliun Indonesia, produk halal Indonesia juga ditampilkan dalam  showcase khusus produk halal.

JAKARTA - Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) berpartisipasi pada acara THAIFEX-World of Food

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News